Senin, 01 Juli 2013

Mengapa Kasus Bank Century Sulit Dibongkar

Bila kita membicarakan kasus Bank Century pasti kita beranggapan bahwa kasus ini tidak berujung sampai saat ini. Entah dibawa kemana kasus ini hingga sampai sekarang tidak terpecahkan. Apa yang mau diselesaikan? siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas kasus ini? Mari kita simak wacana dibawah ini.

Kasus sekandal bailout Bank Century sudah tidak diragukan lagi merupakan sebuah tindakan kriminal yang sangat merugikan negara. Kerugian yang dihasilkan oleh kasus bailout Bank Century ini mencapai Rp 6.7 triliun. itu merupakan jumlah yang sangat besar. Hal tersebut sudah terlihat jelas dalam hasil penelitian sementara Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK)

Kasus Bank Century sangat merugikan kegiatan perbankan di Indonesia. Kepercayaan atas kegiatan perbankan jadi berkurang di mata nasabah. Karena nasabah merasa di khianati dan sangat dirugikan karena mereka banyak menyimpan uang mereka di Bank Century. Nasabah berfikir bahwa Bank Century melakukan perjualan investasi ilegal. Hal tersebut merugikan nasabah dan uang mereka pun tidak dapat dicairkan dari bank. Kasus ini tidak hanya berdampak di Indonesia, tetapi berdampak juga terhadap kegiatan perbankan Indonesia.

Mengapa kasus Bank Century sulit untuk dipecahkan? Ini terbukti dengan masih banyaknya misteri yang menyelimuti kasus ini. Maka dari itu audit investigasi yang dilakukan BPK harus segera diselesaikan. Tetapi untuk menyelesaikan kasus ini merupakan tantangan yang sangat berat. Karena masalah Century merajuk ke masalah politik. Dan dari hasil sementara ini, kasus ini mengarah ke Wapres Boediyono dan Menkeu Sri Mulyani. Ini sulit sekali karena kekuatan mereka cukup kuat.

Kasus ini bisa saja dibongkar sekarang, tetapi tidak dalam masa pemerintahan sekarang. mungkin bisa dibongkar dalam masa pmerintahan selanjutnya. Diyakini memang terdapat "tangan-tangan tersembunyi" yang turut serta mengatur jalannya kasus ini agar tidak jatuh ke jalur pidana. Ini didukung dengan adanya anggota BPK yang bermasalah dan merupakan politisi dari partai Demokrat.

Begitu lah kira-kira gambaran dari kasus Bank century yang tidak ada habisnya. Banyaknya pejabat yang terkait dengan kasus ini menambah kemelut di kasus ini. Kapan kasus ini berakhir? harus kah kita menunggu sampai masa pemerintahan selanjutnya? Apa yang terjadi dengan hukum di Indonesia? Masih kah hukum di Indonesia memandang bulu dalam penegakkannya?

Mari lah kita mulai angkat bicara dan mulai meluruskan kasus ini agar semua tuntas dan tidak ada beban lagi di Indonesia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar