Rabu, 03 Juli 2013

Pengertian Bisnis

1. Pengertian bisnis dan jenisnya
Bisnis adalah suatu proses menciptakan suatu nilai yang dilakukan oleh individu atau sekumpulan orang (organisasi) melalui penciptaan barang atau jasa yang ditujukan untuk memuaskan masyarakat dan bertujuan untuk mendapatkan keuntungan melalui transaksi-transaksi. Bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki keahlian dalam berbisnis, bertransaksi, dan sebagainya. Bisnis tidak selalu bertujuan untuk meraih keuntungan tetapi bisnis juga dapat bertujuan untuk menyejaerakan masyarakat. Bisnis yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat biasanya dimiliki oleh pemerintah. Aspek-aspek dalam berbisnis pada umummnya yaitu:
·         Kegiatan individu atau kelompok
·         Keuntungan yang diraih melalui transaksi
·         Menciptakan barang/jasa
·         Menciptakan suatu nilai
2. Tujuan kebijakan bisnis
Tujuan kebijakan bisnis dalam suatu negara ada 4 yaitu:
a. Melindungi usaha kecil dan menengah
Upaya yang dilakukan pemerintah dalam melindungi usaha kecil dan menengah yaitu:
·         Koperasi
·         Kredit usaha rakyat (KUR)
b. Melindungi lingkungan hidup sekitar
Dapat dilakukan dengan cara mendaur ulang barang-barang yang masih layak pakai di lingkungan sekitar perusahaan, memelihara dan menjaga lingkungan dengan cara menanam pohon dan sebagainya.
c. Melindungi konsumen
Memberikan dan melayani konsumen dengan produk-produk yang aman dan berkualitas. Tidak membahayakan hidup konsumen dan dapat menyejahterakan konsumen.
d. Pendapatan negara
dengan adanya bisnis pendapatan negara pun dapat bertambah melalui PPh, PPN, PBB, Bea dan Cukai, NPWP.

3. Sistem perekonomian dan sistem pasar
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem tersebut. Sistem perekonomian ada 3 yaitu:
·         Perekonomian terencana : ada dua bentuk utama dari perekonomian terencana yaitu komunisme dan sosialisme.
·         Perekonomian pasar : bergantung pada kapitalisme dan liberalisme. Harga di perekonomian pasar ditentukan oleh proses permintaan dan penawaran antar penjual dan pembeli.
·         Perekonomian pasar campuran : gabungan antara perekonomian terencana dan perekonomian pasar. Sampai sekarang belum ada negara yang benar-benar menjalankan sistem perekonomian pasar campuran ini.
4. Kesempatan bisnis/usaha
Kesempatan dalam berbisnis sebenarnya sangat banyak tetapi tidak semua hal dapat kita jadikan objek untuk berbisnis. Dalam berbisnis, kita harus pintar dalam membaca situasi sekitar, apa yang sedang diminati konsumen saat ini, dan memiliki skill yang baik dalam berbisnis. Selama kita dapat membaca semua situasi yang terjadi saat ini dan memiliki skillyang cukup, maka peluang untuk berbisnis akan terbuka lebar.
5. Unsur-unsur penting dalam aktivitas ekonomi
Unsur-unsur yang diperlukan dalam aktivitas ekonomi ada 3 yaitu :
·         Keinginan manusia : dengan adanya keinginan, manusia akan berusaha sebaik-baikinya untuk mendapatkan keinginannya tersebut.
·         Sumber daya : sumber daya sangat diperlukan untuk menjalankan aktifitas ekonomi. Tanpa adanya sumber daya yang baik maka aktifitas ekonomi tak akan berjalan dengan baik karena sumber daya tersebut tidak mengerti dengan apa yang dikerjakannya
·         Cara-cara berproduksi : memperhatikan apa yang harus diproduksi, cara-cara yang harus dilakukan dalam memproduksi barang agar dapat mencapai pembiayaan yang minimal dan mendapatkan hasil yang maksimal.
6. Hakikat bisnis
Dalam berbisnis kita harus memikirkan semua secara matang. Dari kondisi sekitar seperti selera masyarakat terhadap barang/jasa yang akan diproduksi, kondisi sekitar di masa mendatang, pesaing-pesaing dari perusahaan lain yang memproduksi barang/jasa yang sama, dan ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk proses produksi. Dengan pemikiran matang kita dapat meraih laba sebaik mungkin.
7. Mengapa belajar bisnis
Menurut saya belajar bisnis perlu untuk saat ini karena peluang bisnis terbuka lebar pada saat ini. Begitu banyak hal baru yang dapat kita jadikan objek berbisnis. Dan bisnis memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar